Thursday, December 25, 2014

Tips cara belajar di fakultas kedokteran

with Tubagus ferdy.SP.A

Banyak alasan yang diutarakan ketika ditanya mengapa alasan anda masuk ke fakultas kedokteran. Saya tidak akan membahas itu sekarang,anda sudah masuk ke FK anda harus survive,berikut saya berikan tips cara belajar di FK.

  1. Big picture
Do you see the big picture? Do you know what are you learning in the class? Katakanlah anda sedang dalam stase anatomi, lihatlah manusia sebagai suatu keutuhan,suatu individu yang terbagi menjadi organ, kulit,otot,otak,paru-paru bahkan tulang adalah organ yang terdiri dari jaringan yang memiliki fungsi yang sama. Setelah anda tahu gambaran besarnya lalu kenali tiap bagian besar seperti tulang punggung di sebut vertebrae  yang dibagi menjadi 4 bagian yaitu cervical,thorakal,lumbal dan sakral dan setiap 1 ruas memiliki bagian yaitu procesus spinosus,dst dst.
“Jangan dihafal,tapi dimengerti” yeah right, dosen bilang seperti itu,menurut saya bull shit. Anda tetap harus menghafal tapi dengan cara yang benar. See the big picture first.

  1. Mind map
Anda bisa menggunakan mind map dalam memperdalam ilmu anda,cara ini ampuh dalam dunia kedokteran, belilah buku kosong dengan layout horizontal lalu buatlah mind map anda, jangan lihatkan mind map anda ke orang lain karena ini adalah isi pikiran anda sendiri,intervensi dari luar hanya akan mengganggu anda.

  1. Basic science
Apakah anda mencoba menghafal mengenai suatu penyakit tanpa tahu apa yang terjadi pada pasien anda? Hal tersebut tidaklah bijak, sebagai seorang calon dokter anda harus mengetahui anatomi,fisiologi,histologi hingga patofisiologi penyakit tersebut. Basic science adalah pembeda seorang dokter dengan profesi medis lainnya,seorang dokter dituntut untuk menjadi scientist and artist,karena keadaan setiap pasien tidaklah sama walaupun diagnosis yang ditegakkan sama. Obat yang diberikan akan berbeda respon antar 1 pasien, perkuatlah basic science sebagai fondasi,bila suatu saat mengalami kesulitan janganlah ragu dan gengsi untuk membuka kembali buku textbook yang ada di perpustakaan atau lemari buku anda

  1. use a technology
abad 21 merupakan era dimana informasi begitu mudahnya didapatkan oleh setiap warga negara, sebagai mahasiswa kedokteran pergunakan gadget yang anda miliki untuk menghafal dan mengerti bahan kedokteran. Media yang dapat digunakan sangatlah banyak, mulai dari podcast bila anda lebih senang mendengar untuk belajar, video yang dapat anda unggah atau anda rekam ketika teman anda sedang belajar, atau dengan bantuan gambar-gambar penyakit yang dapat merealisasikan gambaran penyakit di pasien. Untuk menghafal obat anda dapat melihat dari iklan iklan obat, karena selain anda dapat melihat preparat obatnya anda dapat terbantu dengan gambar yang disajikan.

  1. Brainstorming
Jangan merasa anda yang paling benar, karena orang bijak tidak akan melakukan itu,lakukanlah brainstorming dengan dosen,asdos,senior teman atau bahkan junior anda. Jangan merasa malu dengan ketidak tahuan anda,karena yang anda ketahui saat ini akan berubah pada masa depan karena kedokteran terus berkembang. Saat anda mempelajari suatu bahan,sebagai contoh efek diet rendah lemak rendah garam pada pasien risti hipertensi, mintalah teman anda membaca bahan yang sama lalu tanyakan apa yang teman anda dapat dari bahan tersebut apakah sama atau berbeda,manakah hal hal penting yang teman anda tangkap?

  1. confirm with textboook
Banyak artikel kesehatan di internet begitu pula buku kesehatan atau suatu rubik kesehatan di majalah,dengan berbagai sumber. Konfirmasi informasi yang anda dapatkan dengan textbook kedokteran baru dapat anda terapkan kebenaran informasi tersebut,karena begitu mudahnya informasi tersebut di twist bahkan oleh seorang yang mengaku dirinya dokter.
Saya tidak mengatakan bahwa semua artikel kesehatan itu salah, namun jika anda akan menerapkannya untuk tugas atau akan menaruhnya pada pertemuan ilmiah atau ketika akan menjawab pertanyaan konsulen akan tidak bijak jika anda menjawabnya dengan “saya dapat dari majalah kecantikan dok,rubik kesehatan”

  1. never read a jounal
yup,never read a journal if, if you never read a textbook first. Jika anda mendapat tugas journal reading mengenai obat diabetes oral, namun anda belom membaca mengenai basic science diabetes atau ttg OHO ,jangan membaca journal karena anda akan dibuat bingung mengenai isinya. Buka wawasan anda tentang bahan jurnal itu di textbook terlebih dahulu,bahkan bila textbook yang anda baca adalah versi tahun 1990. Saat anda membaca jurnal anda harus tahu apa tujuan anda membaca, apakah belajar mengenai isi jurnalnya,cara penelitiannya, atau tehnik samplingnya. Bahasa yang digunakan dalam jurnal memang berbeda tapi anda ingatkan diri anda apa yang anda cari,lalu tanyakan ke teman atau asdos anda mengenai topik tersebut.

demikian saran saya mengenai cara belajar di FK,masih banyak yang ingin saya share mungkin di lain waktu, dan masih banyak yang harus saya pelajari. Medicine is a long long life study,its not hard but it does neef effort. Segala kebenaran datangnya dari Allah semua kesalahan datangnya dari diri saya.

No comments:

Post a Comment