Wednesday, October 28, 2015

WHO news, sosis dapat menyebabkan kanker?



Dari Lyon, Prancis,26 oktober 2015 yang lalu WHO melaluai IARC,mengumumkan berita yang menggemparkan Dunia, yaitu Daging olahan (Processed meat) dapat menyebabkan kanker, atau lebih dikenal sebagai karsinogenik
sebelum saya kupas lebih lanjut saya ingin menjelaskan secara definisi.

ada 2 jenis daging yaitu red meat (daging merah/daging/daging utuh) dan processed meat ( daging olahan) dimana

red meat
daging merah atau daging mentah atau daging utuh, yaitu adalah otot dari berbagai mamalia yang belum di olah, sebagai contoh daging kambing,unta,sapi,kuda, babi,domba,dll.

processed meat
didefinisikan sebagai , daging yang telah melewati proses ubah dengan cara di asinkan, di fermentasi, di asap kan, atau proses apapun yang melibatkan atau menambahkan bahan pengawet atau diaweti maupun, termasuk pemberian zat yang menambah rasa.
Sebagian besar daging olahan diambil dari daging sapi, kambing, babi, namun ada juga daging ayam yang diaweti, dimana dalam pengolahannya tidak murni 100% daging, biasanya ditambahi jeroan, lemak, atau bahkan darah.

contoh daging olahan diantaranya : Sosis, daging asap, bacon, ham, bakso, kornet, daging kaleng, atau saus yang didalamnya terkandung daging (daging spaghetti siap saji)

WHO menambahkan bahwa setiap konsumsi daging olahan 50 gram, meningkatkan 18% resiko kanker kolon. ( diklasifikasikan grup 1 : carcinogenic to human)

Daging Merah termasuk dalam kelas klasifikasi (  Group 2A : probably carcinogenic to humans )

Komentar :
apakah WHO secara luas menyatakan bahwa manusia dilarang makan daging?
dan bila kita mengkonsumsi katakanlah daging sosis 200 gram dalam seharinya apakah kita akan beresiko 18x4=72% kanker kolon?

untuk lebih lengkapnya baca disini dan berita BBC

2 comments: