Tuesday, January 13, 2015

9 rahasia yang harus pria lakukan ketika wanita HAID


Datang bulan, atau halangan, atau haid adalah salah satu kejadian yang rutin dialami oleh kaum hawa. Keadaan yang dialami ini tidak hanya mengganggu kaum hawa tetapi begitu juga kaum adam,apalagi pada kaum adam yang memiliki pasangan. Nyeri PMS (pre menstrual syndrome bukan Penyakit menular sexual) ,perubahan mood yang drastis dalam hitungan jam,menit bahkan detik,keinginan akan makanan yang bebagai macam,perasaan panas/gerah,itulah keluhan yang dialami oleh wanita. Apa yang bisa kaum adam lakukan untuk menghindari amukan sang hawa? Berikut adalah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menyelamatkan diri anda atau hubungan anda

  1. Buatlah jadwal bulanan haid

Bagi anda kaum adam,buatlah jadwal haid pasangan/gebetan anda,belilah kalender khusus atau download aplikasi di gadget anda,istilah apa saja yang harus anda ketahui dalam membuat jadwal ini? Pertama siklus bulananan normalnya 24-32 hari,tanyakan ke pasangan anda (lakukan ketika sedang tidak haid) atau kesahabat/keluarganya, lalu tanyakan berapa lama dia HAID,lalu h- berapa ia biasa merasakan nyeri haid? Hal ini akan menyelamatkan anda,karena ini adalah kunci bagi anda untuk dapat melakukan tips yang berikutnya. Jika anda belom membuat jadwal ini maka segeralah

  1. Pantyliner?pembalut?
Apakah anda tahu perbedaan keduanya? Jangan sampai anda salah beli , karena keduanya tampak sama di mata kita namun berbeda di mata perempuan, anda akan terlihat bodoh di mata perempuan. Pantyliner tidak bisa menampung darah mens,and pembalut bisa.  Bedakan keduanya dengan membaca terlebih dahulu apakah produk itu pantyliner atau softex lalu lihat jenisnya apakah ada sayapnya. Sesuaikan kebutuhannya  dengan pasangan, jika ia sedang banyak banyaknya darah yang keluar lebih baik berikan pembalut dengan sayap.

  1. Obat anti nyeri

Jika anda sering mendapati PMS pasangan anda adalah tipe nyeri bawalah paracetamol 500mg (panadol™,sanmol™,paramex™) atau asam mefenamat 500mg (mefinal™,)ketika menjelang masa haid, atau jika tidak membantu anda bisa memberika zaldiar™ , namun obat ini tidak dapat sering-sering digunakan,konsultasikan ke dokter apabila nyeri yang dirasakan tidak tertahankan hingga pingsan

  1. Kompres hangat

Belilah karet kompres di toko obat atau di toko perlengkapan medis atau toko perkakas, harganya berkisar 20-50 ribu berukuran 2L tergantung merek. Isi kompres karet tersebut dengan air mendidih sebanyak 1500-1600 L. Lalu tempelkan ke bagian pusar. Bila kompres dirasa terlalu panas lapiskan dengan kain. Gunakan posisi membungkuk atau bila mungkin posisi sujud / mecca position. Jika anda tidak dapat menemukan kompres tersebut dapat diganti dengan botol kaca/beling , atau belilah koyo (salonplas™,koyomatahari™).

  1. Cuti mens
Beberapa perusahaan memberikan cuti PMS, tanyakanlah apakah di tempat anda bekerja memberikan cuti PMS diluar cuti liburan, jika iya gunakanlah cuti tersebut secara rutin tiap bulan, bahkan jika anda tidak merasa sakit.

  1. Coklat
image source : theberry.com

Jika pasangan anda termasuk PMS tipe moody berikan coklat. Coklat mengandung zat yang membuat tenang, yaitu zat .... , berikan pasangan anda coklat batangan bukan coklat wafer atau coklat kopi. Kandungan coklat semakin banyak membuat efek zat semakin besar pilih coklat yang kandungannya diatas (>) 40%, atau mungkin 70%. Anda bisa coba membuatkan pasangan anda coklat panas instan (milo™,cadburry™,dll) atau dengan cara mencairkan coklat batangan dan mencampurnya dengan air. Berilah sentuhan kayu manis atau marshmallow dan surat kecil bertuliskan “though you mad at me,i still love you” atau “pms doesnt kill my love for you” atau “share your thought with me”

  1. Jamu

Apakah pasangan anda termasuk golongan orang yang percaya jamu?jika iya syukurlah, jika tidak buatlah dia percaya, setidaknya cobalah. Jamu kunyit asam dipercaya oleh nenek moyang bangsa indonesia yang mengarungi samudra dapat mengurangi gejala PMS. (Mungkin suami mereka membawa kunyit asam kemanapun mereka pergi), belilah jamu ini di tukang jamu keliling, mintalah secara khusus dan rutin setiap bulannya untuk diberikan ke pasangan anda. Atau anda bisa mencoba membeli jamu yang sudah jadi (kiranti™,jamu datang bulang™)namun anda harus berhati hati terhadap kandungan jamu instan/seduh tersebut, akan lebih baik jika anda membuatnya sendiri.

  1. Pengertian
Ini adalah hal terakhir yang bisa anda lakukan dalam menghadapi wanita dengan PMSnya, ingatlah bahwa segala perkataan,perbuatan dan segala permintaan mereka akan berlalu. Bukalah telinga anda dan hati anda, namun jangan membuka mulut anda karena mereka dalam pengaruh hormon. Masuk kuping kanan keluar kuping kiri, di-Iyain ajah,mengaku salahlah saja, anda adalah pihak dengan kepala dingin, jika ia meminta putus atau melakukan tindakan yang impulsive (mendadak dan ceroboh) maka setelah haid ia akan menyesalinya.

  1. Dokter
me and wife

Jika pasangan anda mengeluarkan darah menstruasi terlalu banyak,terlalu lama masa HAIDnya atau terlalu nyeri konsultasikan ke dokter.

Semoga tips ini dapat membantu anda menghadapi PMS,dan percayalah pada hubungan anda. Segala kebenaran datangnya dari Allah,dan semua kesalahan datangnya dari saya.


 


No comments:

Post a Comment