Thursday, January 1, 2015

Rahasia menghilangkan nyeri tenggorokan


Panas dalam,nyeri tenggorokan,ketulangan merupakan hal yang kita temui sehari-hari termasuk diderita oleh saya. Terkadang rasa nyeri ditenggorokan membuat rasa tidak nyaman dalam beraktivitas terlebih pada aktivitas yang membutuhkan banyak berbicara. Nyeri tersebut menyerang siapa saja dan kapan saja,cuaca dingin ataupun panas namun ada beberapa cara agar anda terhindar dari nyeri tenggorokan.

  1. Makanan sebagai penyebab
Semakin majunya zaman membuat cara memasak semakin beragam, diantara berbagai cara memasak,deep fried atau menggoreng menggunakan minyak menyadi penyebab utama. Minyak memiliki tingkat jenuh ketika dipakai,penggunaan yang berulang kali merusak struktur minyak dan bahan yang digorengnya. Hal tersebut membuat tenggorokan mengalami iritasi. Hindari memakan makanan deep fried terlalu sering. Preventif adalah tingkat pengobatan termudah dan termurah.

  1. Kumur dengan antiseptik
Apakah anda pernah mencoba berkumur dengan povidone iodin?jika belum,cobalah, bukan dengan povidone iodine dalam bentuk obat antiseptik luka namun dalam bentuk obat kumur. Anda bisa pula mencoba menggunakan obat antiseptik lainnya seperti (tantum verde™,betadine obat kumur™)

  1. Minyak zaitun & madu
Konsumsi virgin olive oil dapat membantu mengurangi iritasi tenggorokan. Pastikan yang anda konsumsi adalah minyak zaitun murni/virgin,karena bila tidak maka efek yang didapatkan tidak maksimal dan minyak zaitun non virgin diperuntukan untuk diolah/dimasak bukan untuk dikonsumsi langsung.
Madu yang dimaksud adalah madu murni yang memiliki kandungan air <...% anda bisa mencoba madu nusantara™,madu ashifa™,madu murni lainnya.
Minum minyak zaitun 1 sendok makan lalu madu 1 sendok makan secara beruntutan di pagi hari sebelum beraktifitas.

  1. Bahan pengawet sebagai penyebab
Boraks,pengawet makanan,pewarna textile adalah beberapa zat kimia sebagai penyebab iritasi pada tenggorokan anda. Bila anda merasa setelah anda mengkonsumsi suatu tahu atau bakso anda merasa langit-langit gigi anda tebal atau terasa serat, boleh jadi bahan makanan tersebut mengandung zat pengawet atau kimia lainnya. Stop konsumsi bahan tersebut dan minumlah secangkir air hangat.

  1. Hindari merokok
Rokok mengandung banyak zat kimia yang tidak dibutuhkan oleh tubuh, zat kimia tersebut diperuntukan untuk hal lain diluar tubuh, “asupan asap rokok” rutin tiap hari secara aktif maupun pasif memberikan kontribusi tinggi dalam angka kesakitan nyeri tenggorokan ke rumah sakit,lebih lanjut lagi iritasi tersebut akan mengalami perubahan kimia pada sel-sel pelapis tenggorokan sehingga sel-sel tersebut mengalami perubahan atau yang dikenal sebagai sel kanker.

  1. Ssshhhhhhtttt
Ketika anda sedang nyeri tenggorokan mungkin saja penyebabnya bukanlah hal diatas,namun pekerjaan anda membutuhkan aktivitas vocal yang berlebihan seperti guru,penyanyi,konsultan. Mintalah cuti berbicara kepada atasan anda,jika memungkinkan. Karena pada keadaan ini vocal abuse menjadi penyebab nyeri pada tenggorokan anda.

  1. Konsultasi dokter
Lakukanlah konsultasi kepada dokter anda, tanyakan apakah tipe dari penyebab nyeri tenggorokan anda,apakah harus mengkonsumsi obat ataukah hanya perlu beristirahat maupun menghindari hal tertentu tanpa obat.


Demikian pembahasan saya mengenai penyebab nyeri tenggorokan,semoga bermanfaat. Segala kebenaran datangnya dari Allah,segala kesalahan datangnya dari diri saya

No comments:

Post a Comment