Thursday, October 13, 2016

Tips tetap sehat Bekerja dirumah

Tips tetap sehat Bekerja dirumah

Bekerja dirumah bukan berarti bebas dari penyakit, banyaknya waktu janganlah menjadi penyebab anda semakin tidak produktif untuk urusan kesahatan. Banyak hal yang dapat terjadi jika anda tidak menjaga tubuh anda secara aktif. Beberapa hal dibawah ini dapat anda lakukan disela-sela pekerjaan anda dirumah untuk selalu sehat.


1.                               Fleksibel tapi disiplin
Kebebasan menentukan jam kerja adalah alasan dari sebagian besar freelancer untuk berkecimpung di bidang ini. Namun perlu diperhatikan waktu yang fleksibel memerlukan kontrol yang lebih. Jangan jadikan jam karet sebagai kebiasaan anda. Selain menurunkan kredibilitas anda, secara tidak langsung fisik anda akan terganggu. Siklus tidur, atau yang lebih dikenal sebagai irama sirkardian, mengalami gangguan fungsi dan regulasi hormon saat anda harus begadang semalaman. Gangguan pada irama sirkardian akan menyebabkan imunitas tubuh anda menurun dan penumpukan lemak didalam tubuh meningkat. Penumpukan lemak tersebut jika tidak segera diatasi akan mengarah pada serangan jantung dan obesitas.

2.                                Lakukan aktifitas fisik
Lakukan aktivitas fisik tersebut diantara kesibukan. Anda dapat melakukan push up atau squad 20 kali setiap 2-3 jam sekali. Aktifitas fisk selalu memiliki efek positif bagi tubuh Anda, sekalipun Anda tidak rutin melakukannya.  Jika anda memiliki waktu lebih, aktivitas aerobik seperti lari, bersepeda, atau zumba selama minimal 20 menit adalah pilihan yang baik.

3.                             Ingat dehidrasi ingat air
Bekerja di dalam rumah tidak menjadikan Anda terbebas dari ancaman dehidrasi. Tubuh secara normal mengeluarkan air dari dalam tubuh sebanyak kurang lebih 30cc per jam. Kekurangan cairan atau dehidrasi memberikan efek gangguan keseimbangan pH dalam tubuh anda. Sediakan segelas air di meja anda. Sehingga anda lebih terpacu untuk meminum air.

4.                             Mata adalah segalanya
Kurangnya pencahayaan dan lamanya anda menggunakan mata anda di depan komputer membuat mata Anda sering bekerja terlalu keras. Agar terhindar dari gangguan fungsi mata gunakan rumus 20,20,20 yaitu setiap 20 menit beristirahatlah 20 detik untuk melihat benda sejauh 20 kaki.

5.                             Waspada Nyeri Tulang Belakang

Bekerja lama di depan meja sambil duduk tanpa sadar memberikan dampak yang cukup besar bagi tulang belakang anda. untuk mencegah hal tersebut, cek kursi kerja anda, apakah kursi anda sudah ergonomis? Sudahkah anda memberikan tambahan bantalan untuk punggung anda?. Berikan dana lebih untuk kursi kerja anda, karena gangguan tulang belakang dapat berlangsung hingga puluhan tahun.


                          Semoga tips diatas bermanfaat buat anda yang kerja di rumah, komen dan feedback dibawah.    Terima kasih

No comments:

Post a Comment