Tuesday, June 28, 2016

Daun salam sebagai obat asam urat

Sebagai dokter menulis sesuatu yang non medis membuat pergolakan di hati saya,
“cure sometime,relief always” adalah yang selalu saya pegang dalam praktik,bahwa kesembuhan bukanlah sesuatu yang dapat dihasilkan oleh dokter,sehingga saya termasuk dokter yang percaya bahwa apabila ada upaya lain selain obat yang dapat membuat pasien saya nyaman akan saya sarankan.

Pada kali ini saya akan membahas daun salam sebagai obat asam urat. Gout arthritis atau penyakit sendi akibat tingginya kadar asam urat sering terdengar di masyarakat awam. Pasien datang dengan keluhan nyeri di sendi ataupun bengkak di jempol kaki maupun tangan. Mengkonsumsi makanan tinggi purin(asam urat) menyebabkan penumpukan kadar zat tersebut dalam tubuh. Dokter akan menyarankan anda untuk meminum obat pereda nyeri lalu setelah nyeri reda anda diminta untuk kontrol/meminum obat asam urat.

Daun salam diyakini dapat menurunkan kadar asam urat dan meredakan nyeri akibat radang asam urat itu. Sampai artikel ini ditulis saya belum menemukan penjelasan science mengenai daun salam tersebut,namun saya menjadi salah satu pengguna daun salam untuk meredakan nyeri asam urat,saya memberikan kepada ayah saya. Ayah saya termasuk pasien Gout kronis,beliau sudah berulang kali mengunjungi dokter internist untuk kontrol asam urat, hingga suatu hari kami mencoba mencari cara alternatif untuk mengurangi angka kejadian serangan nyeri asam urat tersebut.

Setelah bertanya akhirnya kami mengetahui bahwa air rebusan daun salam dapat berkhasiat untuk mengurangi kadar asam urat, dan alhamdulillah pendapat tersebut terbukti pada ayah saya. Beliau mencoba minum air rebusan daun salam tanpa pengobatan, namun hasilnya kurang memuaskan, akhirnya kami melakukan kolaborasi antara pengobatan konvensional (obat) dan pengobatan tradisional yaitu daun salam ditambah diet rendah purin.

Alhamdulillah saat ini jumlah angka kesakitan ayah saya berkurang drastis, dengan pola meminum air rebusan daun salam 2x sehari pagi dan sore,dan meminum obat asam urat pada pagi hari.

Manakah yang menyembuhkan ayah saya? Apakah daun salam?apakah obat dari dokter? Atau karena pola makan yang beruba? Wallahu a’lam, kesembuhan datangnya dari Allah, kita sebagai manusia wajib berusaha sebaik-baiknya dan sebanyak-banyaknya.

Saya tidak menyarankan jika anda hanya meminum rebusan daun salam, tetap minum obat asam urat yang diberikan dokter, dan tetap kontrol rutin ke dokter anda.

Segala kebenaran datangnya dari Allah, segala kesalahan datangnya dari saya.


No comments:

Post a Comment