Saturday, June 18, 2016

7 hal yang dapat mencegah batu ginjal

Batu ginjal adalah salah satu penyebab keluhan nyeri pada perut. Jika anda mencari hal yang bisa dilakukan untuk mencegah batu ginjal di google, anda akan menemukan banyak sekali saran. Mulai dari jangan makan bayam, minum 1 galon setiap hari hingga jangan banyak duduk. Lalu mana saran yang benar? 


selama dekade terakhir angka kejadian batu ginjal meningkat hingga 70% dibanding dekade sebelumnya,
Faktor resiko dari batu ginjal diantaranya : obesitas, sindorma metabolik, kurangnya asupan cairan, riwayat batu ginjal sebelumnya, dan kelebihan konsumsi asam urat.

Laki-laki lebih beresiko 2,5x untuk menderita batu ginjal jika ada riwayat anggota keluarga dengan penyakit yang sama, dibandingkan dengan yang tidak,

Walaupun masih terdapat kontroversi dalam pencegahan batu ginjal, ada beberapa hal yang anda bisa lakukan agar terhindar dari penyakit tersebut :

1.) kurangi minuman yang mengandung banyak pemanis buatan (sukrosa atau tinggi fruktosa / gula jagung) , dark colas and minuman yang mengandung tinggi oksalat (kopi, teh, coklat).
 2.) Perbanyak jumlah minum, setidaknya 2,5 Liter air mineral per hari. Perhatikan warna urin anda dan buang air secara rutin.
 3.) Kurangi asupan garam perhari. Batas aman untuk konsumsi garam adalah 2400 mg per hari ( kurang lebih 1 sendok teh ). Tingginya kadar garam (sodium) dalam darah akan berhubungan dengan peningkatan kadar calcium dalam urin, sehingga meningkatkan angka kejadian terbentuknya batu kalsium di saluran kemih.
 4.) Batasi konsumsi protein hewani hingga 2 ons per hari. Protein hewani memberikan efek dalam tubuh diantaranya : mengurangi pH urin, mengingkatkan kadar kalsium dalam urin, dan mengurangi kadar sitrat dalam urin. Ketiga keadaan diatas memudahkan terbentuknya batu di saluran kemih anda.
 5.) makan jeruk. Jeruk terbukti membantu menetralkan pH urin anda.

6.) Perbanyak olahraga dan hindari hidup pasif.
7.) kurangi konsumsi makanan mengandung purin / asam urat tinggi.

No comments:

Post a Comment