Thursday, November 19, 2015

Tips cara koas / dokter junior menghadapi ego senior?

Kedokteran adalah ilmu yang diturunkan dari senior, yang jika dirunutkan maka senior saya yang berperan besar adalah “kakak” ibnu sina dan “kakak” aristoteles yang mengajarkan juniornya hingga tiba saatnya ilmu itu datang ketangan saya. Sehingga jika kita ingin belajar kedokteran hubungan antar senior-junior haruslah baik, namun tidak semua orang cocok satu sama lain hal ini disebabkan ada yang disebut dengan “EGO”.

Koas,dokter muda, residen dan setelah jadi specialis atau profesor pun pasti pernah atau sedang mengalami kondisi dimana kamu bukanlah pemegang keputusan dan tidak bisa bersikap menurut kehendak. Berikut tips yang anda dapat lakukan dalam menghadapi dokter senior



1.      Kerja dengan baik dan jaga integritas pekerjaan.

Nilai diri anda sendiri, sudahkah anda bekerja sebaik baiknya, dengan mengesampingkan gaji atau jabatan anda sekarang, selalu berikan 120% saat anda bekerja dan biarkan orang lain bekerja sesuai dengan bagian mereka. Kesalahan orang lain bukanlah tanggung jawab anda, dan jangan biarkan anda merasa bersalah karena kesalahan orang lain. Bangga terhadap hasil kerja dan jadikan diri lebih baik dari expectasi orang lain.

2.     Jangan diturutin dia 100%

Mungkin anda pernah mendapat saran untuk menuruti ego dan semua keinginan boss anda. That is the worst way to get ahead. Jika boss atau senior anda memiliki ego yang tinggi, mereka tidak akan pernah membiarkan anda maju, dan akan menginjak anda. Selamanya.
Senior harusnya applusan  ilmu dan sebagai mentor yang baik, ia akan mendorong anda dan menjadikan anda lebih baik dari anda saat ini.

3. Cari teman jalin hubungan

Hey, kerja bukanlah semua tentang anda dan bos anda, ada teman seperjuangan, perawat, apoteker, akbid, akper, hingga CS dan Security bertemanlah dengan mereka, jalin silaturahim. Percayalah, ada saat saatnya dimana mereka akan mendukung anda disaat yang tidak disangka sangka dan anda secara tidak langsung anda akan merasa banyaknya orang senang bertemu dan berkomunikasi dengan anda.


4. Badai pasti berlalu

Itu kata Chrisye dan saya kutip, bahwa yang anda alami saat ini tidak bersifat permanen, stay strong be tough! Dan anda akan menjadi seseorang yang lebih baik dan menemukan mentor senior yang pas untuk anda.



5. Ikhlasi pahami dan hayati bahwa, beberapa orang memang “setan”

Astagfirullah , *breathe in out. Beberapa dokter ego memang memiliki waham grandiosa atau merasa mereka adalah utusan tuhan dimana omongan mereka adalah wahyu yang harus di turuti oleh semua orang dan mereka tidak bisa salah. Jika ada yang membantah mereka akan marah hingga menyerang secara personal perasaan jika perlu. Kita bisa membantah terus tanpa hasil atau memilih move on dan kerjakan saja kerjaan anda, dari pada debat kusir bikin cape doang.



6. jangan jadi anjing  juga

Mungkin dia si boss atau senior anda jelmaan anjing atau yang lainnya, tapi jangan jadikan diri anda serupa atau menyerupai dia, itu adalah lingkaran setan yang terburuk,

Belajar banyak dari apa yang anda hadapi dan jadilah lebih baik, saya yakin anda lebih baik dari itu

begitulah, semoga tips menghadapi ego bos / dokter senior yang bisa saya bagi, semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment